Harga VGA Mulai Turun


enjoygaes.com VGA atau Kartu grafis adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik. komponen ini sangat mempengaruhi performa gaming dan juga rendering menggunakan GPU. Namun karena berbagai hal seperti kelangkaan chip dan juga mining kripto stok Kartu Grafis pun makin sedikit dan juga harganya makin naik

Belum ada informasi terkait penyebab penurunan harga, tetapi sejumlah informan kami memperkirakan karena stok sudah mulai masif dan sudah dimulainya ETH 2.0.

Para gamer PC di Indonesia sepertinya sudah berkali-kali mendapatkan harapan palsu ketika harga VGA atau kartu grafis mengalami sedikit turun beberapa waktu lalu karena mata uang kripto yang semakin amblas. Namun untuk kali ini, sepertinya para gamer yang menjadikan PC sebagai perangkat gaming utama sudah bisa mulai melakukan ancang-ancang.

Survey singkat melalui marketplace raksasa seperti Tokopedia untuk memantau berbagai harga VGA atau kartu grafis di Indonesia. Hasilnya, beberapa seri yang memang diincar oleh para gamer seperti RTX 30 Series mengalami penurunan yang signifikan. Begitupula dengan besutan AMD dengan RX 6000 Series mereka.

Ada beberapa alasan mengapa harga kartu grafis tersebut bisa turun secara signifikan. Pertama, stok chip secara global yang perlahan mulai membaik. Kedua, Ethereum sudah mulai bermigrasi dari yang tadinya berbasis proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS). Gampangnya, mining Ethereum akan dihapus dan diganti menjadi staking.

Jika ditanya apakah ini saat yang tepat untuk upgrade atau merakit PC, mungkin ini adalah saat yang lumayan tepat. Mengingat sudah beberapa bulan harga kartu grafis tidak mengalami penurunan yang se-signifikan ini. Meskipun disisi lain harus diakui saat ini kalau harganya masih di atas MSRP yang ditentukan.

Salah seorang pedagang komputer di Mangdu memberikan info ke kami bahwa memang benar harga VGA telah turun, malah bisa dikatakan longsor, dan mereka berharap gairah belanja bagi para gamers kembali naik mengingat harga VGA sudah turun.

Imbasnya, market place VGA bekas bisa dipastikan akan turun harga juga mengikuti penurunan harga VGA baru.
Apa hal yang membuat hal ini terjadi?

Ethereum Pindah ke Proof of Stake

Ethereum adalah salah satu cryptocurrency atau mata uang kripto paling populer dan harganya naik cukup drastis yang membuat melakukan mining kripto ini sangat menguntungkan. Ethereum Menggunakan Sistem Proof Of Work atau melakukan validasi dengan bukti kerja atau mining dengan VGA. namun baru2 ini Ethereum akan segera pindah ke model proof of stake atau melakukan validasi dengan bukti Ethereum yang dimiliki . Kelebihan Proof of stake adalah tidak perlu lagi melakukan Mining dengan VGA . dan setelah proof of stake rilis di mainnet Ethereum maka mining dengan VGA tidak akan bisa lagi. otomatis miner akan mencoba mencari kripto lain atau menjual VGA ex mining nya

VGA Baru Akan Rilis

Sudah ada kabar bahwa VGA generasi selanjutnya akan rilis sebentar lagi. Seperti biasa ketika ada generasi baru yang rilis maka otomatis generasi lama seharusnya akan turun harganya dikarenakan generasi terbaru biasanya menawarkan performa dan efisiensi yang lebih baik

Kesimpulan

Minyak Goreng (Bagian ini hanya jokes)
Sama seperti VGA . minyak goreng juga langka dan harganya mahal karena langka. Bisa jadi karena scalper atau penimbun VGA butuh minyak akhirnya terpaksa turunin harga VGA agar bisa membeli minyak. Jadi VGA turun Minyak Goreng Naik. Jangan lupa short harga vga biar propit.
Previous Post Next Post