Review Asus ROG Phone 5 Versi Enjoy Gaes

Source : enjoygaes.com

Spesifikasi Singkat

•Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)

•Adreno 660, Android 11, ROG UI, NFC

•Layar 6.78inch, AMOLED, Gorilla Glass Victus

•144Hz Refresh Rate, Fingerprint Under Display

•Triple Camera 64MP, Sefie Camera 32MP

•6.000mAh, Fast Charge 65Watt, VOOC 4.0

•Aluminium Frame, Gorilla Glass III (backcase)

•Dual Stereo Speaker DTS:X with 2 Amplifiers

•RGB light panel (on the back)

•Pressure sensitive zones (Gaming triggers)

•Perform Test AnTuTu : 718864 (v8)

enjoygaes.com Disclaimer : review ini gua bikin berdasarkan pengalaman penggunaan dari seorang yang bukan gamer.

1. Design : 6/10 ; Build Quality : 8,5/10

Love it or hate it. Kasusnya sama kayak Infinix Note 10 Pro gua tempo hari. Gua yakin banget banyak yang gak suka hape gede kayak ROG Phone 5 ini. Walau bezel sekeliling layar udah lebih tipis dari generasi sebelumnya, tapi tetep design bezel ini memberikan kesan hape ini gambot dan panjang. Tapi walau begitu gua harus bilang, ROG 5 ini secara design emang agak kalem kalo dibanding sama generasi sebelumnya. LED di back cover udah gak setajem dulu, dengan model dot LED. Finger print jelas in-display, terus ada LED notifikasi di atas kiri. Hape ini total punya empat microphone dan ada audio jack. Stereo speakernya juga front facing.

Untuk materialnya jelas corning gorilla glass 3 di bodi belakang dan corning gorila glass victus untuk layar. Sayang layarnya gak dikasih antigores bawaan. Dua layer kaca tadi disatukan dengan frame dari aluminium yang bikin megang hape ini terasa mantep. Belom lagi beratnya yang mencapai 240gr bikin hapenya terasa lebih mantep ketika dipegang.


2. Layar : 9/10

Panel Super Amoled resolusi FHD+ dengan refresh rate 144Hz bisa diset Auto, touch sampling rate 360Hz bikin pengalaman scrolling terasa mantap. Kalo ketemu game yang support hi refresh rate, akan membantu. Sayang aja sih gak ada opsi 90Hz (settingan mulai dari 60, 120, 144, Auto).

Untuk kualitas tampilan warnanya udah keren banget ini. Panel E4 Amoled dengan color gamut 111% DCI-P3, 150.89% sRGB (100% sRGB = 72% NTSC) bikin layar hape ini sangat enak dipandang lama lama. Apalagi khas Asus ini menyediakan opsi untuk ngubah tampilan warna sesuai selera kita.

3. Performa

Oh iya, karena ngomongin performa, ini sepaket sama urusan ketahanan batere. Yang buat gua ini sangat superior. 6000 mAH plus tandem charger hypercharge 65 Watt. Ini asli gak ada obat. Ditambah dengan sistem dual cell, yang ngebagi dua baterainya jadi 3000 mAH x 2 bikin hape ini cepet banget diisinya. Walau kalo pake charger 65 wattnya somehow hapenya akan terasa panas tapi justru itu berarti urusan heat dissipationnya terbilang baik. Hape ini terbilang gak terlalu mudah panas kalo dibanding sama Mi 11. Mungkin karena peletakan PCB yang ada di tengah bikin distribusi panas lebih merata dan kalo mau lebih-lebih adem lagi ya kudu beli cooler lagi.

Oh iya, minus sepele tapi buat gua fatal banget. Protokol fast charging ROG Phone 5 ini nyeleneh. Walau hypercharge disini 65 watt tapi pake charger GaN 65 watt dari baseus kok gak aktif. Jadi kalo mau ngecas hape ini secara cepat ya pakelah 65 Watt yang bawaan.

Masalah akan muncul kalo lu tipikal orang yang teledor. Ini charger kalo sampe ketinggalan dan ilang, gantinya mahal banget. Charger hypercharge 65 watt Asus ini harganya sepaket kepala + kabel bisa nyentuh 1,7 jutaan.

Solusi yang gua tawarkan, charger 65 watt simpen aja di rumah. Untuk dibawa keluar, coba manfaatin protokol PD 3.0 atau QC 5 yang lebih umum. Walau gak sekenceng HyperCharge, tapi kalo pun charger PD atau QC ilang kan beli laginya gak semahal charger bawaan orinya.

4. Multimedia : 9,9/10

Layar kualitas top plus stereo speakers terbaik di ranah Android saat ini, udah jaminan mutu menikmati konten hiburan. Belum lagi keberadaan audio jacknya bener bener sangat membantu baik untuk gamer maupun user casual kayak gua gini. Kualitas suara baik via stereo speakers dan jack audio sama sama luar biasa. Ini gua cuma pake earphone 1more basic piston loh, keluaran suaranya udah sangat sangat impresif. Gimana kalo pake yang mahalan?

5. Kamera : 7,5/10

Tapi intinya sih, untuk harga segini kualitas kameranya gak jelek kok. Cuma memang, gak bisa dibandingin secara mutlak dengan hape yang true flagship karena sepertinya sih akan kalah. Walau begitu, tetep bagi gua hasil kamera ROG Phone 5 ini masih kepake lah buat gua, bahkan dalam beberapa kondisi foto tangkapan ROG 5 bisa bersaing loh sama Xiaomi Mi 11.

Kalo untuk videografi, gua takjub. Karena recording di resolusi 4K 60fps sampe 1080p 30fps semuanya stabil. Gambarnya pun bagus

"Tapi kan gak ada OIS"

Nah ketiadaan OIS ini memang ngasih pengaruh ke penggunaan night mode yang lebih punya potensi untuk blur. Tapi kalo pada perekaman video, absennya OIS gak terlalu jadi masalah ya.

Kesimpulan

Hape ini cocok buat yang hobi ngegame tapi masih punya kegiatan sosial di luar sana. Karena kenyataannya hape ini bener bener enak bukan cuma untuk dipake gaming tapi juga untuk nunjang produktivitas kayak batere yang kuat, kamera yang bisa diandalkan selama bukan untuk profesional fotografi, serta layar dan kemampuan multimedia yang bagus. Hape ini cuma gak akan cocok buat orang yang suka hape compact dan fanboy pecel hiu


Previous Post Next Post