Review LG V50S Ex-Flagship Versi Enjoy Gaes


Dengan harga Rp.3,5jt (tergantung toko), siapa sih yang tidak mau Snapdragon 855, RAM 8GB Internal 256GB, 5G Pula! (Walau kompatibilitasnya masih dipertanyakan karena band 41). Gw pribadi bener-bener senang sih punya handphone yang all rounder gini. Buat kerja? aman, ngegame? aman, foto? aman. Yaudahlah, berikut pendapat gw secara detail

Spesifikasi Singkat

•6.8 inch P-OLED HDR10+ Display
•Snapdragon 855
•RAM 8GB ROM 256GB
•Single Sim + micro sd slot
•Dual cam 12+12MP OIS ultrawide /TOF 3D depth cam
16MP selfie camera
•3.5mm audio jack HiFi Quad DAC
QC 4.0 / USB PD 2.0
•4000 mAH battery 
•Android 11 Sec. patch June 2021

1. Desain

Engga tau kenapa handgripnya berasa lagi pegang Realme/Oppo/Samsung tipe tertentu. Lumayan familiar sih kalo dipegang. Material belakang berbahan kaca serta bezel berbahan alumunium (CMIIW). Dijamin nggak malu-maluin sih kalo pegang ini smartphone.

2. Layar

Dengan ukuran 6,4" beresolusi 1080x2340 menurut gw ini salah satu display terbaik yang pernah gw coba. Berasa ada peningkatan jauh setelah gw pakai seri LG sebelumnya (V30+) dan OnePlus 7 gw yang menggunakan panel Optic Amoled. Samsung? gw terakhir pakai S9 sama S10 juga bagusan V50S ini. Jenis panel layar yang digunakan adalah OLED tanpa embel-embel. Ukuran layar juga menurut gw pas nggak kebesaran nggak kekecilan. Sayang, di unit gw kali ini touchscreennya terlalu sensitif entah mengapa (namanya juga gacha) dan tak lupa layarnya ini dibekali sensor fingerprint walaupun masih teknologi Optical, dan di unit gw kali ini sensor fingerprintnya lumayan payah mendeteksi apalagi kalo baru register entah mengapa. Walaupun begitu, gw masih cukup memaklumi dan masih enak-enak aja dipakai.

3. Performa

Snapdragon 855, chipset 2 tahun lalu ini menurut gw masih sangat layak untuk dipakai di tahun ini hingga 2 tahun kedepan. Performa masih sangat bagus. Dibekali dengan RAM 8GB serta storage 256GB menurut gw ini sangat cukup karena gw udah cukup murka dengan internal 64GB. Main Genshin Impact? masih rata kanan dong dan lumayan smooth, yang dipertanyakan di sini sih kebetulan unit gw ketika di test antutu skornya cuma 400rb-an, sepertinya ada masalah dengan heat pipe / thermal pad nya tapi sejauh ini gw engga pernah ngerasain overheat sih ketika pemakaian casual.

4. UX

LG V50S menggunakan Android 9 pada bawaan nya yang bisa diupgrade hingga ke Android 11 untuk saat ini. UI nya sendiri di Android 11 menurut gw lebih matang daripada Android 10 nya yang aneh. Bahkan ada yang mengira kalo hp gw Samsung padahal bukan. UX cukup familiar dan mudah untuk beradaptasi ketika baru menggunakan smartphone LG.

5. Kamera

Dibekali dengan dual camera beresolusi 12MP utama serta 13 MP ultrawide menurut gw ini sudah cukup. Gak ada sensor gimmicknya, diatas kertas sih hasilnya menurut gw pribadi fine aja. Gw rada ngerasa sedikit aneh aja kenapa ketika memotret objek yang terlalu banyak kalo dizoom kehilangan detail padahal posisi siang hari. Urusan video sih menurut gw stabilizer kamera LG bagus banget sih. Satu hal yang ingin gw komentari disini sih, software camera LG V50S ini gak sebagus V30+ gw sebelumnya ntah kenapa. Akan tetapi, ketika gw pasang Gcam di HP ini, hasilnya malah kacau wakakakakakakak gatau kenapa. Aneh.

6. Audio

Gw gabisa komentar banyak karena IEM andalan gw kabelnya rusak (Tin Audio T2). Jadi untuk pengujian ala gw cuma ngandelin lord vido dan menurut gw output yang dihasilkan bagus. Gw suka karakter suara nya gak mendem. Lord vido jadi bisa lebih bagus berkat DAC bawaan LG V50S ini.

7. Baterai

Gatau kenapa rada badut, ya gw maklum lah handphone second gacha ala.... You know lah ya. Pun begitu masih cukup sih buat gw.

Kesimpulan

Budget terbatas? Ingin smartphone yang bisa diandalkan di segala kondisi? V50S ini menurut gw lebih baik daripada handphone di harga sekelasnya. Apalagi internalnya jg gede banget. Satu hal yang ingin gw ingatkan sih, kalo gacha lu ampas jangan salahin gw ya. Berusaha sendiri.
Previous Post Next Post