Review Xiaomi Redmi Note 10 Versi Enjoy Gaes

enjoygaes.com Setelah ngeliat beberapa orang masih tertarik untuk beli hape ini, sekalian mau bikin review versi saya dari penggunaan hape legend ini, Xiaomi Redmi Note 10. Saya akan pake cara review mirip MKBHD, menggunakan 5 pilar smartphone untuk penilaian layak tidaknya hape untuk dibeli dan juga penilaian pribadi dari saya sendiri. Cekidot!

1. Desain & Build Quality 8/10

Hape 2 jutaan tapi desain gak kayak harganya. Desain hape ini cantik pake banget! Kamera berjajar ke bawah, back cover plastik lapisan matte gak bikin hape ini berasa murah. Namun bagian sisi samping dari plastik yang mengkilat glossy bikin khawatir kalo suatu saat nanti bakal mengelupas, terutama di bagian tombol power karena gak ketutup case dan sering kena jempol untuk sidik jari. Layar depan dengan bezel bawah tebel rada gak enak dilihat tapi masih bisa ditolerir. Hape ini kerasa solid biarpun dari plastik seluruhnya. Berat hape ini sekitar 190gr dimana tergolong "berat" bagi saya. Karna kebiasaan pake satu tangan, pergelangan tangan kanan jadi cedera dan sering sakit. Please lah Xiaomi bikin hape redmi versi ringan dan layar mungil, Redmi 10 Mini gitu?

2. Performa 7/10

Snapdragon 678 emang bukan yang terbaik cuma ini udah cukup untuk harganya. Sayangnya, performa hape ini dibatasi oleh UI mengampas dari Xiaomi. Sebelum gw custom rom ini hape, sering banget lag dan panas padahal penggunaan kasual. Tapi terimakasih juga untuk Xiaomi yang gak pelit source code yang bikin custom rom hape ini cukup banyak. RAM 4GB bisa dibilang cukup aja untuk sekarang. Multitasking cuma bisa 4-5 aplikasi aja yang bisa kebuka terus di background. Main game? gak main game mainstream macam Mobile Legends atau Genshin Impact, cuma udah pernah nyoba main PUBGM dan gak ada kendala dengan setting rata tengah ke kanan (setelah di custom rom).

3. Layar 9/10

Pujian banget buat Xiaomi bisa bawa layar AMOLED ke hape 2 jutaan! biarpun masih 60hz, saya udah pernah hands on Redmi Note 10 Pro dengan layar 120hz dan ga kerasa beda dari sisi UX walaupun memang lebih smooth. Layar 6,4 inch nya cukup luas buat yang ga terlalu suka layar lebar. Untuk kasus layar yang bermasalah yang sering ditemui di user lain, di saya ga ada kendala. Layar gonjreng dan terang dibawah sinar matahari masih enak. Overall, ini bagian terbaik dari hape ini

4. Kamera 8/10

ISP snapdragon emang gak main-main. Bisa dilihat hasil foto low light dan HDR nya kena banget. Walaupun hasil foto hasil racikan GCAM mod, tapi kamera bawaan Xiaomi juga ngasih hasil yang bagus, apalagi video 60fps kamera Xiaomi. Kalo kalian nyari hape buat foto-foto di harga murah, hape ini bisa jadi pilihan.

5. Baterai 8/10

Baterai 5000mAh bisa tahan seharian dalam penggunaan ala saya pribadi. Ngecasnya juga cepet, charger 33W bisa ngisi dari 0-100 sekitar 2 jam. Ga usah mikir lagi soal colokan kalo lu udah punya hape ini!


Itu tadi review berdasarkan 5 pilar smartphone ala Enjoy Gaes. Kalo diliat, semua hasilnya positif dari sisi itu, cuma ada beberapa hal yang harus jadi perhatian untuk hape ini. Ini adalah opini pribadi dari gw sendiri. Cekidot!


•Speaker Stereo Yang "Apa Adanya"

Buset bro, speaker hape ini cuma asal bunyi dan keras aja! Bass ga kerasa, suaranya cenderung cempreng dan nusuk telinga. Menurut saya, ini adalah bagian yang paling ga suka dari hape ini. Iya sih hape 2 jutaan mau apa, cuma ya ga ada peningkatan aja dari versi sebelumnya. Saya punya Redmi Note 7 yang suara speakernya hampir sama nusuknya, cuma bedanya ini stereo jadi double deh nusuk telinganya wkwkwk. Saya bukan audiophile tapi bisa bedain mana speaker bagus mana speaker asbun.

•MIUI, worst Android UI ever!

Gak pake basa basi, MIUI adalah UI terburuk yang pernah saya pake. UI iOS wannabe tapi ga bisa bikin UX nya jadi seenak iOS. Gw belum nyobain semua UI tiap hape, cuma dibandingin OneUI, iOS, dan stock Android yang udah gw cobain, MIUI ketinggalan jauh banget dari sisi UX. Tapi, dari sisi keamanan, MIUI emang bagus kalo misalnya hape kamu ilang. Tapi ya bisa aja nanti kemungkinan bisa dibobol via bypass. Integrasi akun Mi ke hape Xiaomi emang susah dibobol jadi gak usah khawatir kalo lu punya hape Xiaomi.

•Posisi Lubang Jack Audio

Ini masalah selera sih, mau di bawah atau diatas sama aja. Cuma menurut saya, posisi jack audio di bawah agak sedikit ganggu karena senggolan terus dengan jari-jari waktu dipake. Dibandingin sama Redmi Note 7 yang jack audio nya diatas, saya lebih milih di bagian atas.

•Haptic Feedback Yang Oke

Hape 2 jutaan tapi haptic feedback nya oke pake banget. Saya belum pernah nemu hape 2 jutaan yang punya haptic feedback yang seenak ini. Kalo ada coba komentar dibawah.

•Fingerprint di Bagian Samping

Emang sih enak banget kalo tombol power + fingerprint jadi satu biar seemless, cuma karena kebiasaan saya yang mau nyalain hape via tombol power yang cuma sekedar cek notifikasi jadi otomatis kebuka dan ga bisa liat notifikasi langsung di lock screen. Hal ini ganggu experience banget cuma ya gimana. Saya masih lebih suka fingerprint di bagian belakang body.

•Hape Ini Berat!

Angkat beban memang bisa bikin nambah masa otot, cuma kalo bebannya diangkat tiap saat ya pegel juga. Hape yang saya pegang sekarang beratnya sekitar 220gr dimana itu kombinasi hape+case. saya emang lebih suka pake hape satu tangan, cuma sekarang harus dibiasain dua tangan biar tangan gak tambah cidera. Gak kebayang nanti gimana beratnya kalo gw beli yang versi pro nya.


Kesimpulan? Xiaomi Redmi Note 10 layak pake banget buat dibeli! Harga bekasnya sekarang sekitar 2,1 jutaan sampai 2,3 jutaan tergantung kondisi. Gw dapet bekas di harga 2,1 juta dengan garansi kesisa beberapa bulan aja (aktivasi bulan April). Harga barunya masih disekitaran 2,4-2,5 jutaan jadi sesuaikan budget aja.

Overall, nilai yang gw kasi ke hape ini adalah 8,5/10, 5/10 kalo Xiaomi gak bisa pasang Rom Nusantara


Makin banyak informasi yang kamu taukan? dengan informasi ini semoga wawasan kamu semakin luas, terimakasih kunjungan kamu pada artikel ini, enjoy gaes


Previous Post Next Post