Review Game Mobile REPUBLIQUE


Game bertemakan stealth dan action adventure buatan developer Camouflaj berjudul "REPUBLIQUE" merilis versi Anniversary Edittion dari game mereka untuk platform Nintendo Switch, PS4, dan PS VR.

enjoygaes.com Game ini awalnya dirilis untuk iOS (2013) yang kemudian juga dirilis untuk Android (2014) dan PC (2015).

Ryan Payton selaku Founder dari Camouflaj dan Director untuk game Republique, dulunya pernah bekerja di Kojima Production sebagai Assitant Producer dalam proyek Metal Gear Solid 4, dan juga menjadi Creative Director untuk Halo 4 (Microsoft). Dia memulai proyek game ini karena banyaknya komplain mengenai kurangnya game mobile yang sesungguhnya (dalam artian berkualitas), dan memutuskan untuk membuat game tersebut.

Sampai saat ini gw bisa megatakan bahwa game ini adalah game underrated (kuhususnya untuk android) yang punya kualitas menjanjikan. Impresi awal yang mengejutkan gw adalah Voice Acting yang mantap banget, terlebih lagi David Hayter yang merupakan pengisi suara Solid Snake dari game Metal Gear juga memerankan salah satu karakter di game ini. Untuk urusan visual gk perlu diragukan tapi jelas versi PC lebih baik karena sudah menggunakan engine Unity 5 (iOS dan Android masih Unity 4). Kemudian hal yang mencolok lainnya adalah Sudut Pandang kita saat menyaksikan cutscene yang ditampilkan berdasarkan kamera yang tersebar di berbagai ruangan, seperti menonton film Paranormal Activity.

Developer nya terlalu antusias karena di tahun itu gak banyak game yang "menurut" dia bagus, jadinya dia bikin game penuh konten yang ngebuat size nya juga jadi gede.

Btw di game ini banyak suara percakapan gitu karena lebih menekankan story, jadi ini yang bikin berat. Kalau game seperti buatan Gameloft yang bisa open world pun tetap gak segede ini size nya karena mereka lebih bertujuan memberikan gameplay.


Ini adalah mobile game, tentu kontrol yang nyaman saat bermain adalah hal yg utama, lagian kalau pakai analog bakal lebih ribet. Ini juga murni stealth game tanpa adanya aksi yang butuh skill tinggi, cuma ngatur strategi dan timing aja.

Kalau mau yang portable ada di android, jika mau visual yang lebih memanjakan mata ada di PC, tapi yang android juga udah bagus banget untuk sekelas game mobile.

Kontrol gamenya cukup simpel dengan hanya mengarahkan kamera dan melakukan tap/click di layar untuk menggerakkan karakter, tapi tidak sesimpel dengan Gameplay nya, karena ini adalah stealth game tentu harus memikirkan strategi dan tindakan yang tepat untuk menghindari atau menjatuhkan musuh.

Awal cerita dalam game ini menceritakan keadaan seorang gadis bernama "Hope" yang teterjebak ditempat bernama Metamorphosis, tempat ini dijaga ketat oleh penjaga dengan sebutan "Prizrak". Kemudian seorang agen misterius yang bekerja ditempat tersebut, melakukan peretasan terhadap seluruh sistem kemanan termasuk kamera CCTV dan memberikan akses kepada kita, untuk menuntun Hope keluar dari tempat tersebut. Ya, disini yang menjadi karakter utama untuk menolong Hope adalah player. Gw tidak berniat untuk menceritakan kisahnya lebih lanjut, karena cukup banyak konten terutama tentang cerita yang bisa dinikmati jika memainkannya secara langsung, dan juga karena gw baru memainkan episode 1 nya doang wkwkkwk. Total ada 5 episode dan di episode 1 gw menghabiskan 5 jam playtime untuk mengumpulkan semua barang unik/collectible item yang tersebar.

Ini adalah game yang kalian butuhkan jika mencari game dengan kualitas yang setara layaknya PC ataupun konsol, dengan cerita yang kompleks, sensasi seperti menonton sebuah film, dan wajib bagi kalian yang menyukai tema stealth.

REPUBLIQUE menurut gw, adalah sebuah karya yang pada saat itu menunjukkan bahwa potensi game mobile bisa bersaing dengan menitik beratkan kualitas sebagai menu utamanya, tapi tetap saja sampai saat ini masih menjadi game yang Underrated. Mungkin dengan rilisnya di platform next gen saat ini, bisa membantu memperkenalkan game ini dengan lebih luas.
Previous Post Next Post