Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite Versi Enjoy Gaes

Kali ini saya mau review tablet android merk Samsung, yaitu Galaxy Tab S6 lite setelah pemakaian 1 tahun lebih (Sejak Juli 2020). Fotonya terbatas karena September kemarin tablet ini terjual. 


Spesifikasi:

•Layar TFT 10,4" resolusi 1200x2000 pixel

•Wifi + 4G

•Body alumunium dan magnetik

•Chipset Exynos 9611

•OS Android 11, OneUI 3.1

•RAM 4GB memori 64GB (ada varian 4/128) bisa ditambah microSD

•Kamera belakang 8mp dan depan 5mp

•USB C, dual speaker tuned by AKG + Dolby Atmos

•S-pen

•Baterai 7040 mAh, fast charging 15W

1. Bodi

Bodi alumunium kokoh, bermagnet, jadi bisa pake coverbook bermagnet. Cuma harus lebih milih lagi soal casing bermagnet karena bakal berpengaruh dalam menggambar, kalo beli coverbook yang abal-abal jadinya kalo menggambar bakal ada bagian yang nggak kegambar. S-pen bisa nempel di bagian sisi tablet.


2. User Interface

OneUI nya terbaik, sangat cocok untuk tablet. Bisa hingga 3 multi-window + floating window. Setelah update ke versi 3.1, tablet ini yang sebelumnya tidak support DEX jadi bisa DEX. Kekurangannya adalah kalo pakai DEX bakal lebih lemot. Maklum chipsetnya kurang mumpuni. Selain itu juga DEX nya hanya di tablet itu aja, tidak bisa screen mirroring ke monitor/tv baik wireless maupun kabel.


3. Performa

Untuk kegunaan ringan-sedang misal nonton film, browsing, menggambar dan mewarnai dengan S-Pen, tablet ini udah mumpuni. Gaming? tablet ini menurut ane kurang cocok untuk gaming, bahkan game menengah sekalipun. Pernah dipakai untuk main Genshin Impact dan PES 2021 di tablet ini nggak begitu tahan, tapi PES masih bisa dipaksain dikit. Setelah update ke OneUI 3.1 tablet ini agak lemot dikit. Menggambar yang dulunya lancar jadi agak delay.


4. Layar

Layar TFT di tablet ini menurut ane kualitasnya kurang daripada layar IPS apalagi amoled. Parahnya lagi yaitu munculnya Screen Retention/Shadow setelah 5 bulan pemakaian. ini mungkin terjadi karena kelamaan dipakai zoom buat kuliah onlen. Awalnya tipis2 aja tapi makin lama makin parah. Makanya ini salah satu alasan kenapa langsung dijual daripada ke SC samsung. Kejadian layar ini bukan hanya ane aja, ada beberapa orang yang juga mengalami hal serupa. Mindset ane untuk layar TFT berubah karena hal ini.


5. S-Pen 

Menggambar di tablet ini sebenarnya sangat enak. Aplikasi gambarnya yaitu PenUp. Bisa menggambar, mewarnai, menjiplak gambar, dll. S-Pennya bisa juga untuk translate, select, screenshot, dll seperti seri Note, bedanya hanyalah S-Pen tablet ini nggak ada bluetooth dan nggak perlu charging.


6. Kamera 

Khusus kamera depan udah cukup bagus untuk zoom. Kamera belakang jarang dipakai. Yah ngapain foto pake tablet 10 inch.


7. Audio 

Dual Speaker stereo AKG + Dolby atmos udah bagus banget kalo buat nonton film. Tidak ada keluhan untuk hal ini.


8. Baterai

Tablet ini bisa tahan hingga sekitar 1,5 hari. Ngecasnya juga lama, charger bawaannya bukan 15W dan itu butuh 3 jam sampai penuh. Pake charger 15W keatas pun perlu waktu 2 jam.


Harga saat beli ini sekitar 7,4 juta (4/64), untuk sekarang masih diproduksi tapi hanya varian 128gb di harga yang sama seperti 64gb waktu saya beli. 

Jadi itulah review Samsung Galaxy Tab S6 lite berdasarkan penggunaan selama 1 tahun lebih. Kalau ada pertanyaan, kritik, saran silakan komentar. Terima kasih


Previous Post Next Post