TIPS & TRIK MENJUAL NFT


Oh iya saya hanya ingin berbagi informasi aja barangkali bisa bermanfaat, buat kamu yang masih belajar tentang NFT

Shilling dan goreng itu 2 hal yang berbeda, dikutip Coin Market Cap, shilling adalah tindakan antusias untuk mempromosikan aset kripto maupun proyek Initial Coin Offerings (ICO). Dengan kata lain, shilling NFT dilakukan untuk menarik minat orang lain untuk berinvestasi dalam NFT.

Sedangkan goreng menggoreng adalah tindakan sengaja untuk membuat sebuah project itu bernilai, biasanya dilakukan oleh tim sendiri, menurut saya goreng menggoreng bisa merugikan orang lain karna orang jadi fomo dan berakhir kepada kerugian karna project yang rugi.

Nah 2 hal itu adalah 2 hal yang berbeda jauh, dan NFT sangat kecil kemungkinan terjual tanpa melakukan shill. Jadi Shilling bukan lah goreng, dan goreng bukanlah shilling.


Bukan berarti saya membuat pernyataan seperti ini saya mengatakan project saya ini bagus dan luar biasa, bisa dilihat dari jejak digital postingan saya, sering mengingatkan untuk trader NFT, fliper agar selalu mengkaji sebelum membeli koleksi saya karna saya tidak pernah menjanjikan bahwa item ini kejual kembali meskipun beberapa ada yg ke flip sampai hari ini.

Tips Buat Creator NFT

walau cuma desainer saya punya beberapa saran biar NFT punya peluang laku, Ini hasil dari analisa marketing yang berlangsung saat ini.


1. Buat koleksi yang menarik, engga pasaran, jikapun pasaran setidaknya lebih baik.

2. Buat unit lebih banyak, pasalnya jumlah koleksi juga berpengaruh ke potensi sales, terutama pada saat melakukan minting NFT dan listing price NFT kita akan terlihat secara terbuka melalui market activity sehingga punya peluang di beli.

3. Minting dan Listing secara berangsur, beruntun, atau sesekali pada saat jam yang tepat. Untuk mengetahui jam yg tepat untuk listing NFT Kita bisa cek aktivitas market (market activity) untuk mengetahui kapan saja waktu aktivitas BFT lebih banyak menunjukan posisi sale/purchase/pembelian.

4. Minting NFT beserta pemberian traits/atribut pada properties agar NFT yang kalian jual tidak terkesan hanya gambar diupload saja beda lagi sama lord Ghozali

5. Ikuti tema NFT yang sedang hype kalau ingin dapat income yang lebih cepat, tentunya tergantung kualitas NFT yang dibuat

6. Alasan kenapa NFT kalian belum laku-laku itu karena kalian engga aktif di komunitas, secara NFT itu bukan coin/stable asset jadinya penjualan harus berdasarkan marketing juga, kalau cuma berharap ya taruhan dengan keberuntungan pada saat listing dan NFT kalian diketahui melaui aktivitas market (activity market).

7. Buat laman atau portofolio NFT bisa berupa website, landingpage, banner, whilist, roadmap, dll penunjang NFT kalian, terutama bicara soal benefit kenapa harus beli NFT kalian ( karena cepat laku saat flipping / ada keuntungan ekslusif dari kalian pembuat NFT ).

8. Kalau ada istilah goreng menggoreng, itu tujuannya ya marketing lagi, alasannya karena NFT kalian akan terlihat sering laku oleh orang lain berdasarkan aktivitas di market jadi orang merasa untung kalau flipping di NFT kalian.

9. Jangan berharap NFT kalian laku instant, mungkin kalau borongan juga karena beruntung pas lagi listing aktivitas kalian terlihat secara publik, satu-satunya bisa laku otomatis itu karena NFT kalian terpajang di (Discovery NFT) contohnya dipajang di discovery opensea dimana NFT yang lagi tren, paling aktif, dan random di ungulkan atau jadi featured NFT pada waktu tertentu.

Karena ini hanya artwork sederhana (pekerjaan menggambar) bukan proyek gede atau bisnis investasi, tapi ya harapan saya koleksi ini tetap saya menginginkan berbenefit untuk banyak orang tapi tanpa menjanjikan akan hal itu karna tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan dari awal koleksi ini terbit hingga sekarang saya konsinten berusaha mengenalkan karya saya seluas-luasnya semampu yang saya bisa karna saya single fighter (solo sales dan solo creator).

Project ini saya dedikasikan karna saya hobby menggambar, dan memuaskan batin saya karna ads kesenangan tersendiri bagi saya untuk menggambar, meski begitu tidak munafik bahwa jika ada item yg sold itu senengnya luar biasa dan jika sepi rasanya juga sma seperti temen-teman ada kekecewaan bahwa karya kita berasa tidak berharga, tapi saya menyadari bahwa ini NFT bukan sembako yang dibeli orang setiap hari.

Sering temen-teman creator bertanya kepada saya tips dan trik agar NFT laku ? perlu diketahui bahwa saya juga pemula didunia NFT sama sperti temen-teman juga dan banyak belum tahunya daripada tahunya dan item saya juga bukan item yang mahal dan voltrade pun masih kecil. 
Tapi sedikit yang bisa saya bagikan hal-hal yang saya lakukan ketika saya bergelut didunia ini barangkali bermanfaat dan abaikan jika temen-teman rasa ini tidak bermanfaat.

1.Berdoa kepada kepercayaan masing-masing agar dipermudahkan rejeki dan urusan dalam dunia NFT

2. Buat karya sebaik mungkin menurut versi kita dan terus tingkatkan skill dan kualitas art yang kita buat, buatlah art yg kita senengi jadi engga akan jenuh karna kita memang benar-benar suka membuatnya.

3.Lakukan Shilling secara konsisten kalau bisa setiap hari, baik di medsos FB, Twitter, dan IG atau dimanapun yang ada zone NFTnya

4. Jangan pernah memaksa orang lain untuk membeli NFT kita, dan jika ingin menawarkan NFT kepada orang lain, posisikan kita sebagai kolektor bagaimana rasanya kita seneng jika kita ditawari sesuatu dan coba lakukan experimen cara yg menyenangkan itu.

5. Tetap jaga komunikasi yang baik dengan komunitas karna sesungguhnya value dari NFT ini bukan sekedar sold dan resold, tapi lebih dari itu, dapat temen baru, ilmu baru, saling berbagi informasi, dan skill menggambar kita juga smakin lama smakin membaik.

6.terus lakukan evaluasi yg mana harus dipertahankan, diperbaiki, dan ditinggalkan.

7.Serahkan semuanya pada yang diatas, tanpa meninggalkan ihktiar yang konsisten.

Sekian dari saya ya abaikan jika tulisan ini tidak bermanfaat
Previous Post Next Post