Battery Health iPhone



Jadi kali ini saya bakal membahas baterai health yang sering di khawatirkan pengguna iPhone dan seberapa penting sih battery health itu? (Note : saya juga pemula masalah ini, jadi saya hanya membagikan yang saya tahu dan saya dengar)

Pengertian

Apa itu battery health? Simpelnya battery health adalah kesehatan/kapasitas real pada suatu iPhone tersebut. Battery health Dapat turun seiring penggunaan dan seberapa banyak kalian nge-charger hp kalian


Berapa normalnya kondisi battery health apa iPhone?

Menurut saya pribadi, kondisi yang normal pada iPhone terbagi menjadi 3

  1. 100-90% Sangat baik
  2. 90-83% standar (sehat)
  3. 83-70↓% tidak sehat

Apakah battery health yang "Tidak sehat" berpengaruh?

Iya, pihak iPhone mengkonfirmasi kalau Battery health dibawah 60 persen, maka peforma hp tersebut akan di kurangi biar hp tidak mati saat digunakan. Selain itu Screen on time pada hp tersebut juga akan menurun, efeknya sedikit-dikit harus charge

Apakah Battery health dapat dipercaya untuk menentukan kualitas baterai?

Tidak, apalagi bagi kalian yang berniat beli ip bekas. sekarang banyak oknum nakal yang menjual iphone bekas dengan battery health yang udah dimanipulasi agar kelihatan tinggi pada awalnya, terus ketika penggunaan udah 1 bulan kemudian battery health akan turun drastis ke kapasitas aslinya. Jadi jangan kaget buat pengguna iPhone bekas, battery health nya turun drastis. (Untuk pengguna iPhone Baru, kalian gak usah khawatir. Battery health nya asli kok, gak di Muanipulasi)

Adakah cara untuk merawat battery health?

 Ada, ada banyak cara untuk merawat baterai kalian agak tidak cepat turun menurut saya, dan berikut diantaranya
  1. Jangan charger semalaman
  2. jangan memainkan hp sambil di charger
  3. Jangan charger sampe penuh (kalau saya pake teori 30-95% tapi bisa juga pake teori 20-80%)
  4. Gunakan charger set original, minimal pake yang udah di beri lisensi MFI/branded. Kalau emang kehalang dana pake kabel data viv*n aja terus cari batok charger ORI 5/10watt
  5. Jangan menggunakan fast charging yang melebihi watt Yang Ada Di iPhone kalian (sebagai contoh Xr max 18 Watt. Sebaiknya cari aja charger yang 15-18watt, jangan yang 20watt)
  6. Hindari hp panas saat di charger, jadi bagi kalian yang ada di daerah panas, saya saranin pake charger 5watt aja deh kalau mau fast charging, pake yang ori aja gan
Hampir semua vendor mulai dari vendor kayak Samsung, iPhone, Xiaomi, Sony ASUS dll bahkan Infinix udah nerapin charging limiter biar charging ga sering overcharge saat ketiduran atau pemakaian normal.

Dan semua vendor gada yang melarang HP dipakek saat di charge sampai vendor produksi HP Gaming kayak ASUS, di ROG nya ga melarang buat charge sambil main game cuman bikin fitur bypass itu juga buat ga overcharge saat main game.

Tapi malah banyak denial yang bilang aman-aman aja cuman karena dia ga sadar degradationnya.
Okelah, mungkin ini saja pembahasan saya kali ini. Mohon maaf kalau ada kesalahan dari saya karna saya juga baru belajar terimakasih juga telah menyimak konten saya. 
Have a nice day 
Previous Post Next Post