Review Xiaomi 11T 5G

Harga new device ini di Xiaomi Official 5.099.000 dan Official store lain sekitar 4.799.000


Spesifikasi singkat

Dimensity 1200 6nm

8/256 UFS 3.1

5000mAh Li-Po 67Watt

1080P 120Hz, HDR10+, DCI-P3, 10-bit

Belakang 108MP S5KHM2, No OIS

4K/30FPS, 1080P/60FPS, Depan 1080P/30FPS

Depan 16MP, Telemacro 5MP, Ultrawide 8MP

6,67" Corning Gorilla Glass Victus

Body full metal build, back glass

Stereo speaker, Dolby ATMOS, Wi-Fi 6, 5G, FP samping, No Hi-Res, IP53, No MicroSD Slot, NFC


1. Build Quality/Design

Build Quality solid banget, dipegang nyaman, tidak bikin pegal body lumayan rounded, engga terlalu tebal masih bisa ditoleran walau engga tipis juga, berat juga terasa standar ga berat banget.

Kamera kayak biasa timbul tapi ga terlalu tinggi, tetap bertingkat kayak Note 10 Pro cuman ini materialnya bagus kayaknya ga cepat gores bagian framenya.

Kekurangannya cuman bagian atasnya yang "2 layer" ya gue nyebutnya gitu, bagian atasnya ada kayak kaca cermin apalah kayak di Sony XZ1 kebawah yang suatu saat pasti copot dan malah kebanyakan kemasukan debu dalam situ. Bagian bawahnya juga jelek banget ditambah cat gloss mengkilap yang bikin cepet ngejiplak kalo pakek hardcase.

Tombol volume dan fingerprintnya juga solid, jauh lebih solid dari seri sebelumnya yang krispi banget.

Design HP ini mirip Note 10 Pro, backdoor mirip kayak LG G6 dengan motif "Steel" yang menurut gue biasa aja. Bagian framenya lumayan bagus matte ga mengkilap lumayan nambah looks lebih mature.

Letak speaker lebih manusiawi dari seri sebelumnya, keduanya sebelah kanan jadi ga ketutup tangan. Mungkin harapannya karena usernya bakal banyak gamers?.

Depan sudah terproteksi Corning GGV dengan layar 6,67 inch, bezel depan lumayan tipis masih enak diliat dan ga terlalu rounded lebih agak ngotak, punch hole depan gada fancy silver line.

Balik lagi ke bagian kamera belakang, hey disana ada tulisan "108MP AI Camera" yang menurut gue kesannya jadi agak udik gitu. Padahal cukup 108MP Camera aja lebih bagus.


2. UX/Performance

Saat direview device ini posisi MIUI 13.0.2 build May 2022, artinya harusnya sebentar lagi bakal turun update baru.

Buat daily driver lancar, smooth banget, ini jauh lebih smooth dari POCO F3 yang pernah gue pakek sebelumnya dan lebih smooth dari Mi 10T/Pro.

Buat scrolling enak smooth, scrolling speed pas. Multitask juga oke buka tutup app cepat, animasi smooth.

MIUI device ini cuman lineup mid end, UI disini cuman varian mid-high end dan bukan flagship. UI flagship aja ga dapat, jangan ngarep fitur flagship ya.

BTW UI disini ada di level v:1,c:2,g:2 dan di flagship kayak v:3,c:3,g:3 dan low end v:1,c:1,g:1 kurang lebih gitu.

Lanjut skor An22 buat device ini dapat 626K dengan skor CPU 143K dan GPU 244K, buat skor GPU udah lumayan diatas pendahulunya walau masih beda tipis tapi buat CPU meh udah kalah jauh bahkan kalah dengan Snap 855 ato 778G.


Buat game gue cuman tes TOF dengan FPS max 84 kalo sepi dan jalan" 60FPS dengan beberapa stutter down sampai 40FPS kadang juga drop ke 20FPS, menurut gue drop karena gamenya belum optimal aja, buat battle pertama dapat lumayan stabil 60FPS lebih sedikit stutter daripada jalan" biasa. Agak panas dikit performa drop lumayan parah jadi mentok 40FPS dan cuman stabil di 38FPS, main 15 menitan suhu udah 43°c. Ini tesnya no kipas ato AC apalagi cooling fan.


3. Kamera

Buat kamera wide 108MP dan 12MP base resolution ( lebih dari 2x lebih kecil dari pendahulunya).

Hasilnya lumayan bagus natural dan warnanya akurat, dynami range udah bagus, ga wah sih, detail masih biasa aja walau udah keliatan natural minim sharpening, kayak mid range biasanya contoh Note 10 Pro. 108MP mode juga biasa aja BTW disini 108MP modenya kadang agak bagus, kadang jelek kelihatan banget software processingnya, hasilnya jadi kayak aplikasi Remini, bad, jauh lebih bagus upscaling S5KHMX yang kelihatan lebih natural. Focusnya lumayan bagus dan rapi, autofocusnya cepat dan ga rewel.

Night mode bagus ga pucat detail masih bagus dan low noise. Bias cahaya juga masih bisa diterima, lebih bagus dari pendahulunya.

Ultrawide nya agak jelek kamera kayak dalam air, kurang jernih dan warna lebih pucat.

Telemacro bagus, detail lumayan bisa buat produktif ga cuman iseng" an doang, autofocusnya cepat dan gampang locknya.

Kamera depan detail bagus, gada beautify yang maksa" in asal lu nonaktifin fiturnya.


Awalnya gue agak ragu sama hasil videonya tapi menurut gue ini udah bagus, hasil jernih, stabil walau steady video off kalo 4K, video HDR bagus. Video bitratenya 50Mbps dan anehnya gue cek FPS nya 120.


4. Audio/Video

Ga kayak Mi 10T Pro ato 11T Pro, device ini gada dedicated DAC.

Buat audio speaker power bagus dan punchy, detail bagus dan sound effect Dolby ATMOS bisa dipakek di mode speaker.

Colok Type-C juga bagus suara natural minim software processing dan ada togglenya juga buat off in sound effect, gada noise floor.

Kualitas warna layar bagus banget, sangat natural dan akurat cuman clarity masih biasa aja sih. Buat layar sekarang no issue, gada green tint ato black crush kecuali kalo 120Hz aktif, kalo 120Hz aktif layar agak berubah.

Buat 120Hz nya juga smooth banget stabil buat scrolling, lebih stabil dari pendahulunya. Pixel response cepet keliatan smooth bahkan kalo sett 60Hz.

Mode layar ga lebih lengkap dari Mi 10T series sih tapi disini ada mode adaptive color yang mirip" True Tone.


5. Battery

Keawetan baterai standar buat 5000mAh, buat pemakaian biasa dapat SoT 6 jam 30 menit dengan waktu aktif 40 jam, hampir 2 hari sih dari baterai sekitar 85% ke 15%.

Pemakaian daily socmed kadang pakek VPN dan musikan pakek DAC.

Charging 67W dari 13% ke 80% lumayan cepat cuman 25 menit tapi kalo sampai 100% memakan waktu 41 menit, mungkin buat proteksi.


Itu aja yang bisa gue review, menurut gue device ini cuman "Average" ga lebih, gabisa dibilang flagship killer kayak yang lain, menurut gue device ini cuman produksi Xiaomi yang "iseng" doang.

Buat game? Ga terlalu powerful

Kamera? Biasa aja

Baterai juga ga terlalu awet

Cuman cocok buat casual usage, sosmed dan buat nonton/lihat banyak foto karena layarnya bagus dan performa daily usage yang smooth.

Previous Post Next Post